DEBAT: Wasit Hancurkan Clasico?

Laga keras di La Liga diwarnai sejumlah keputusan besar tetapi apakah keputusan-keputusan wasit Alberto Undiano Mallenco sudah benar? Dua editor Goal mengutarakan pendapat berbeda.

Clasico tanpa kontroversi memang jarang terjadi dan edisi terakhir duel sarat gengsi antara Real Madrid dan Barcelona menyuguhkan (lagi) sejumlah tudingan, antiklaim dan tentu saja pertanyaan besar.

Kemenangan 4-3 Barcelona di Santiago Bernabeu diselingi beberapa keputusan penting dari wasit Alberto Undiano Mallenco, di antaranya melahirkan sejumlah perdebatan yang mengarah pada kinerja sang pengadil lapangan.

Wasit berusia 40 tersebut menunjuk titik putih tiga kali di paruh kedua plus satu kartu merah terhadap kapten Los Blancos Sergio Ramos pada menit 65. Ada juga adegan satu lawan satu Pepe dan Cesc Fabregas jelang masa rehat tetapi keputusan-keputusan setelah masa jeda paling banyak mendapat sorotan.

Apakah tiga penalti yang dikeluarkan sudah tepat? Apakah Ramos pantas mendapat kartu merah? EditorGoal Ben Hayward dan Kris Voakes memberikan pandangan terhadap kinerja Undiano Mallenco.

"WASIT MERAMPAS KEMILAU SEBUAH DUEL INDAH"

 
Ben Hayward
Dari tiga penlati yang diberikan wasit Alberto Undiano Mallenco, hanya satu yang pantas diberikan yaitu pelanggaran Xabi Alonso terhadap Andres Iniesta.

Penalti pertama yang diberikan untuk Real Madrid dan Cristiano Ronaldo terjadi di luar area, parahnya sama sekali bukan pelanggaran - keputusan buruk yang 'ditebus' dengan memberikan penalti kepada Barcelona berkat hadangan Ramos terhadap Neymar sepuluh menit kemudian.

Pemain Brasil secara teatrikal menjatuhkan diri ke lapangan dan tayangan ulang memperlihatkan kontak yang terjadi hanya sedikit atau dengan kata lain Ramos bisa dikatakan sangat tidak beruntung - apalagi ditambah kartu merah.

Kedua penalti di atas cukup fair untuk dikatakan keliru namun kedua tim diuntungkan dari keputusan salah hingga skor kembali sama kuat (3-3). Tetapi tentu saja menjadi tidak fair karena Madrid kemudian bermain dengan sepuluh orang. Unggul jumlah pemain, Barca sulit dibendung.

Memang Barcelona masih punya peluang menang andai kedua tim mengakhiri laga dengan 11 pemain, tetapi siapa yang tahu?

Teori konsprasi Cristiano muncul, kemudian Ramos mengeluhkan wasit yang memang tidak menguntungkan Madrid. Pada kenyataannya kesalahan wasit yang menghapus kemilau duel hebat bahkan pada kasus ini berdampak pada hasil akhir pertandingan. Dari sudut netral, peristiwa ini memalukan.
Ikuti Ben Hayward di 

"KINERJA WASIT MEMUASKAN SESUAI HARAPAN"


Kris Voakes
Sekali lagi, duel besar sepakbola melibatkan 28 jutawan berubah menjadi laga saling sindir yang ditengahi keputusan lemah dari wasit. Meski demikian, Alberto Undiano Mallenco melakukan tugasnya dengan baik, sesuai harapan.

Jelas terciptanya tiga penalti jadi fokus dan sang pengadil asal Pamplona tidak mengawalinya dengan baik. Keputusannya saat menilai Dani Alves melakukan pelanggaran terhadap Cristiano Ronaldo sudah tepat namun episode ini terjadi di luar kotak penalti. Posisi akhir pemain bertahan di dalam kotak penalti bersama jatuhnya Cristiano membuat Undiano Mallenco mendapat kesan keliru, begitu juga dengan jutaan penonton lainnya di layar televisi sebelum mereka melihat tayangan ulang. Dari pandangan pertama, keputusan wasit sudah tepat.

Kartu merah Ramos menjadi kunci lainnya pada pertandingan ini, meskipun beberapa orang melihat Neymar melakukan diving, bukti tayangan ulang memperlihatkan wasit sudah mengambil keputusan tepat. Andai Ramos tidak melakukan kontak, bintang Brasil punya peluang melakukan tembakan. Memang minimal, tetapi sudah cukup untuk mengganggu laju sang penyerang dan berdasar aturan tidak ada pilihan lain bagi wasit kecuali menunjuk titik putih.

Penalti kemenangan Barcelona adalah keputusan paling jernih. Sikap Xabi Alonso yang terburu-buru menghadang Andres Iniesta berbuah hukuman fatal yang mengakhiri kontes.

Pada sebuah laga sarat emosi plus drama tingkat tinggi, kinerja Undiano Mallenco sudah benar.

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel DEBAT: Wasit Hancurkan Clasico? ini dipublish oleh Unknown pada hari Kamis, 27 Maret 2014. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan DEBAT: Wasit Hancurkan Clasico?
 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman